Senin, 17 April 2017

MILC - MILC is Liquid Conditioner Progress #1

Latar Belakang

Setelah sekian lama, belum terdapat inovasi yang sangat berbeda dari dispenser yang sering kita gunakan sehari-hari. Ya, mungkin harganya semakin terjangkau tetapi dengan pernah maraknya IoT dan berbagai topik IoT yang diambil — seperti Smart City, Smart Car, dan lainnya — yang cukup besar dan terdengar luar biasa, cukup mengherankan bahwa belum munculnya ide IoT yang membahas mengenai perangkat rumah tangga, seperti kompor gas, kulkas, dan lain sebagainya. Ironinya, hal tersebut lebih dibutuhkan oleh rakyat menengah ke bawah daripada hal-hal yang terkesan mengawang-awang seperti Smart City, namun implementasi IoT perangkat rumah tangga secara khusus belum juga ada.
Pada kehidupan sehari-hari, penggunaan perangkat rumah tangga yang terkoneksi — terintegrasi pada sistem Smart Home — pada akhirnya diperlukan juga oleh orang banyak. Kami mencoba mewujudkan IoT dispenser karena sebagian orang memerlukan panas pada suhu tertentu yang dihasilkan oleh dispenser. Setelah dipikir-pikir, dispenser juga dapat diberikan fungsi lainnya, yaitu membuat minuman khusus seperti kopi dan susu.

Deskripsi Sistem

Komponen utamanya ialah Arduino dan WiFi Module, tetapi sampai hari Rabu tanggal 29 Maret 2017, komponen lainnya sebagai penangkap data dan aktuator belum benar-benar ditentukan.
Intinya, sistem dapat membaca suhu air panas pada dispenser dan menentukan suhu berdasarkan keinginan pengguna. Sistem dispenser ini juga dapat mengeluarkan air pada jumlah yang presisi tergantung perintah dari pengguna yang dimasukkan pada smartphone mereka.
Untuk fitur membuat minuman lain, tentunya diperlukan penampung khusus yang dalam hal ini merupakan penampung bubuk kopi atau susu, kemudian dipasang pengaduk khusus pada dispenser. Penuangan bubuk tersebut juga berdasarkan takaran yang diinginkan oleh pengguna.

0 komentar:

Posting Komentar